Kesehatan

Tanda Tumbuhnya Gigi pada Bayi

Bunda punya anak bayi.??

Sudah mulai tumbuhkah giginya..??

Nah, untuk mengetahui pertumbuhan gigi bayi memang sering tidak bisa ditebak secara akurat. Namun, ada beberapa hal dan tanda yang akan menimbulkan gejala aneh saat bayi baru pertama kali tumbuh gigi.

Pada umumnya, bagi Bunda yang tidak tahu pasti akan mengalami kepanikan, mengingat saat pertama kali gigi bayi tumbuh maka gejalanya akan terlihat seperti sedang demam. Untuk lebih jelasnya mengenai tanda bayi akan tumbuh gigi, Bunda bisa membaca informasi di bawah ini ya..!!

IMG-20150412-WA0002

Gejala Dan Tanda Tumbuh Gigi Pertama Pada Bayi :

1. Air Liur

Saat bayi sedang mengalami pertumbuhan gigi yang pertama, biasanya akan terjadi rangsangan yang membuat air liur bayi semakin meningkat. Kondisi ini akan dialami bayi saat usianya menginjak antara 3 hingga 4 bulan.

2. Ruam di sekitar wajah

Ruam pada wajah bayi akan timbul di sekitar dagu dan pipi. Hal ini dikarenakan saat pertumbuhan gigi, sang Buah hati banyak mengeluarkan air liur yang membasahi langsung wajah dan dagu. Nah, untuk mengatasi hal ini tentunya Bunda harus sigap, serta cekatan saat membersihkan air liur tersebut.

3. Batuk

Pada tanda ini banyak Bunda yang salah kaprah tentang batuk bayi yang sedang dialami. Padahal saat pertumbuhan gigi, batuk ini dianggap wajar karena disebabkan oleh air liur yang keluar dari mulut bayi, sehingga membuat bayi tersedak dan batuk. Karena itu bunda harus rajin mengeringkan mulut bayi agar tidak mudah tersedak.

4. Sering menggigit

Ketika gigi bayi tumbuh melalui gusi, hal ini akan menimbulkan rasa yang tidak nyaman dan gatal pada gusi karena disebabkan oleh tekanan pada gusi bayi. Rasa gatal itu yang membuat bayi akan terus menggigit apa pun yang bisa digigit seperti jari, puting susu Bunda, sampai mainan yang ada di tangannya.

5. Sakit dan rewel

Saat tumbuh gigi, keadaan bayi akan semakin rewel dan mudah menangis. Hal ini karena tekanan saat gigi tumbuh dapat menimbulkan rasa sakit, oleh sebab itu bayi akan terus menangis dan menahan rasa sakit itu.

6. Bayi Mengalami Demam Dan Panas

Demam ringan akan terjadi pada bayi yang baru pertama kali tumbuh gigi, dan bahkan sistem kekebalan tubuhnya akan mengalami penurunan. Hal ini akan membuat bayi mudah terserang penyakit seperti demam. Akan tetapi jika demam bayi tidak kunjung sembuh dalam tiga hari, lebih baik segera periksakan ke Dokter untuk mencegah hal yang tidak diinginkan.

7. Kurang nafsu makan

Setelah tumbuh gigi tentunya bayi akan diperkenalkan dengan makanan padat pendamping ASI yang baru pertama kali mereka makan. Ada kemungkinan bayi akan menolak makanan ini karena rasa tidak nyaman saat masa tumbuhnya gigi.

(Sumber : nitips.com)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s