Sharing & Motivasi

Selisih Usia 15 Tahun di Atas Rasulullah Saw, Wanita Ini Adalah Cinta Pertama Sang Nabi

images (14)
Gambar : Boombastis.com

 

Dears, tahukah kamu…

Khadijah binti Khuwailid adalah cinta pertama Rasulullah Saw yang tiada pernah tergerus oleh waktu. Ketegaran, kecerdasan, kesetiaan dan pengorbanan wanita mulia itu sungguh sangat menginspirasi.

Telah banyak kisah tentang perjuangan beliau yang dapat menjadi tauladan bagi muslimah di zaman kini. Berikut adalah 3 fakta penting tentang ummul mukminin Khadijah r.a yang sebaiknya kamu tahu, Dears.

πŸ’œ Wanita Quraisy yang terhormat dan kaya raya

Khadijah binti Khuwailid berasal dari keturunan suku Quraisy yang dihormati, terpandang, dan memiliki harta berlebih. Ia adalah seorang pengusaha wanita yang menjalankan perdagangannya dengan memberikan upah kepada orang lain untuk membantu menjual barang-barangnya. Dan salah satu orang yang membantu mendistribusikan perdagangan Khadijah adalah seorang pemuda yatim piatu bernama Muhammad, yang saat itu masih berusia 25 tahun.

πŸ’œ Tertarik pada kejujuran Muhammad dan menawarkan diri untuk dinikahinya

Muhammad membantu perdagangan Khadijah dengan sangat jujur dan amanah. Setiap barang yang diperjualbelikan oleh Muhammad pasti menghasilkan keuntungan yang berlimpah. Khadijah pun mulai tertarik kepada Muhammad dan mengutus seorang utusan untuk bertanya kepada Muhammad, apakah ia telah memiliki keinginan untuk menikah.

Ketika Muhammad mengatakan ia sebenarnya ingin menikah, tapi belum memiliki cukup harta, utusan Khadijah menawarkan kepada Muhammad apakah ia bersedia menikah dengan Khadijah. Dan Muhammah pun menerimanya.

Maka terjadilah pernikahan antara seorang Muhammad, pemuda berusia 25 tahun, dengan Khadijah, seorang wanita 40 tahun yang sebelumnya sudah pernah menikah dua kali. Masya Allah. Sungguh mulia ketetapan Allah.

πŸ’œ Mengorbankan harta dan dirinya di jalan Allah

Setelah menjadi istri Muhammad, Khadijah mengorbankan seluruh harta dan dirinya di jalan Allah. Ia adalah orang pertama yang percaya kepada Nabi saat pertama kalinya Nabi Muhammad menerima wahyu kenabian di Gua Hira. Saat tak ada satu orang pun yang percaya kepada peristiwa itu.

Khadijah adalah tonggak kokohnya diri Rasulullah Saw, yang selalu memberikan semangat, pemikiran, dan kekuatan manakala Nabi sedang dalam keadaan lelah dan letih dalam perjuangannya menyebarkan agama Allah.

Khadijah lah wanita yang paling dicintai Rasulullah Saw. Wanita mulia ini wafat setelah 25 tahun mendampingi perjuangan Nabi dengan penuh kesetiaan.

Dalam kesedihannya yang mendalam, Rasulullah pernah berkata :

β€œDialah manusia pertama membenarkan aku tatkala orang-orang mendustakanku, dialah yang pertama mengorbankan seluruh hartanya (untuk berdakwah) ketika orang-orang menyempitkannya, dan dialah yang menghibur aku ketika orang-orang memusuhi aku…”

Karena harta dan pengorbanan dirinya yang begitu besar, Allah Swt telah menjamin Khadijah sebagai salah satu wanita mulia penghuni surga.

Dears, semoga kisah ummul mukminin Khadijah r.a dapat menginspirasi bagi kita semua.

Betapa apa yang kita alami sebagai seorang muslimah saat ini belum seberapa dibanding ujian dan cobaan yang Allah berikan kepada wanita-wanita terbaik di zaman kenabian. Berhentilah mengeluh, dan teruslah perbaiki diri dalam kecintaan di jalan-Nya.
.
.

*Sumber :
Kajian Ust. Syafiq Riza Basalamah

πŸ’œπŸ’›πŸ’š

#TantanganMenulisEstrilook
#EstrilookCommunity
#WanitaInspiratif

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s