Inspirasi, Sharing & Motivasi

5 Tips Menulis Artikel Inspirasi, Bacanya Jangan Sambil Nangis, please

Dears, adakah disini yang hobi membaca kisah atau tulisan bertema inspirasi?
.
Berdasarkan pengalaman, tulisan inspirasi adalah tulisan yang isinya mampu menyentuh relung hati terdalam pembacanya. Sentuhannya bermacam-macam. Bisa terkesan sangat halus dan bikin melow, atau sebaliknya, justru menimbulkan semangat membara untuk bangkit memotivasi diri.
.
.
20181016_224854_0001
.
.
Apabila kamu terbiasa menulis artikel di luar tema inspirasi, kadang tidak mudah untuk membedakan antara tema inspirasi dengan tema gaya hidup (lifestyle).
Misalnya, ketika kamu menulis tentang topik relationship (pernikahan, jodoh, dll), topik itu bisa masuk ke dalam tema lifestyle, dan bisa juga masuk menjadi tema inspirasi.
.
Terus apa dong yang membedakan keduanya? Dan tips apa pula yang perlu dilakukan sebelum menulis kisah bertema inspirasi? Yuk, lanjutin membaca, ya, jangan tinggalkan saya, pliss.… *lebay 😁
.
.
Bersifat Naratif
.
Ciri tulisan inspirasi yag utama adalah sifatnya yang naratif (bercerita). Cerita akan terasa mengalir menghanyutkan pada saat dibaca. Ini yang membedakan dengan tulisan tema lifestyle (gaya hidup), dimana fokusnya lebih pada poin atau tips-tips.
.
Contoh judul lifestyle :
“Ternyata Begini 5 Tips Sehat Ala Rasulullah, Kamu Suka yang Mana?”
.
Contoh judul inspirasi :
“Tulisan Motivasi Ini Untukmu yang Ingin Sehat dan Awet Muda Ala Rasululullah”
.
Contoh artikel inspirasi bisa kamu baca di sini.
.
.
Sumber Tulisan
.
Sumber tulisan kisah inspirasi lebih bebas dibandingkan tema lain. Bisa berasal dari opini si penulis sendiri, kisah nyata orang lain, maupun pengalaman hidup diri sendiri. Jika kamu ingin tulisan lebih berisi, ambillah sumber dari beberapa situs yang terkait dengan isi tulisan, sehingga tulisanmu lebih terkesan ilmiah dan bukan sekadar karangan bebas saja.
.
.
Penggunaan Kalimat dalam Tulisan
.
Yang juga perlu kamu perhatikan adalah penggunaan kalimat demi kalimat dalam tulisan. Karena tujuan dari tulisan inspirasi adalah menyentuh hati pembacanya, maka sebisa mungkin gunakan kata-kata yang halus dan tidak menghakimi pembaca.
.
.
Kata Sapaan
.
Lalu, bagaimana dengan kata sapaan bagi para pembaca? Khusus untuk tulisan inspirasi, saya lebih suka menggunakan kata ganti “Engkau, kau, kita, Anda” daripada “kamu”.
.
.
Waktu Menulis
.
Bagi saya, menulis tema inspirasi sangat dipengaruhi oleh waktu dan situasi kondisi ketika menulis. Saya sendiri merasa lebih bisa fokus dan “masuk” ke dalam topik tulisan saat waktu menunjukkan tengah malam dan tak ada satu pun gangguan yang menerpa. Tapi kembali lagi, hal itu terpulang pada diri kita masing-masing. Yang penting teruslah menulis, ya, Dears, kapan pun kamu ada waktu dan kesempatan, karena menulis itu dapat menjadi semacam terapi jiwa dan penyaluran bagi energi yang terpendam.
.
.
Nah, itu tadi sedikit tips untuk kamu, sahabat bloggers tercinta, yang mungkin baru ingin mulai menulis tema inspirasi. Semoga bermanfaat ya, dan selamat menulis… 💖
.
💜💛💚
.
.
#OneDayOnePost
#EstrilookCommunity
Iklan

4 tanggapan untuk “5 Tips Menulis Artikel Inspirasi, Bacanya Jangan Sambil Nangis, please”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s