Kesehatan

3 Fakta Penting Tentang PMS, Pria Wajib Baca, Guys!

Pasti bingung kan, kenapa saya kasih judul “Pria wajib baca?” Padahal kita lagi ngomongin PMS alias Pre Menstrual Syndrome (sindrom sebelum menstruasi), lho… πŸ˜„Β Yup! Tidak lain dan tidak bukan karena wanita yang sedang mengalami PMS kerap membuat bingung orang-orang terdekatnya.

Mudah marah, mendadak sedih, dan bisa berlanjut menjadi depresi serta uring-uringan jika tidak dikontrol, nyeri di kepala dan area sekitar mata, sakit punggung, dan aneka gejala fisik maupun psikis lainnya campur aduk menjadi satu.

Jika kamuΒ bertemu dengan wanita yang sedang PMS, satu hal yang harus dilakukan adalah sabar dan banyak mengalah πŸ˜…Β  Tidak ada gunanya melawan mereka karena bisa jadi moodnya bertambah buruk. Istilah keren premannya, “Senggol bacok!” Artinya, kesenggol dikit aja emosi mereka bisa membludak. Wihh, syeremm amattt 🀐

gambar-lucu-p-m-s-perempuan-menjadi-singa-berhati-hatilah-d-1356018
Sumber : me.me

Berikut ini penulis rangkum 3 fakta tentang PMS yang wajibbb banget kaum pria ketahui, agar dapat membantu pasanganmu melewati momen PMS ini dengan bahagia. Kalau istrimu bahagia, pastinya hari-harimu juga bakal bahagia, kan, Guys? 😁

1. Gejala mulai terasa 1 sampai 2 minggu menjelang haid

Gejala PMS biasanya sudah terlihat sejak 1-2 minggu sebelum datangnya haid pertama. Yang dapat mengenali adalah si wanita sendiri. Saran saya sih, sebaiknya kita berterus terang kepada pasangan dan keluarga terdekat bahwa sedang mengalami PMS. Kejujuran ini untuk meminimalisir salah paham.yang tidak diinginkan.

2. Penyebab PMS

Dikutip dari laman Hellodokter.com, PMS salah satunya disebabkan oleh perubahan kadar hormon dalam tubuh. Ketika masa haid berlangsung, jumlah hormon estrogen dan progesteron (hormon seks wanita) akan mengalami peningkatan. Padahal, satu minggu sebelum periode haid dimulai, kedua hormon tadi justru mengalami penurunan secara drastis. Nahhh… perubahan hormon dari turun menjadi naik inilah yang menjadi penyebab terjadinya kegelisahan saat PMS sedang berlangsung.

3. Cara mengatasi PMS

Sebenarnya PMS adalah kondisi yang sangat normal bagi wanita. Sayangnya, tidak semuanya dapat diatasi sendiri. Jika memang gejala PMS dirasa sangat mengganggu aktivitas, baiknya konsul ke dokter aja,Β ya, biar kamu tidak salah ambil tindakan penanganan.

Jika kondisimu masih dalam batas wajar, mengatur pola makan yang baik menjadi salah satu cara termudah mengatasi PMS. Perbanyak makan sayur dan buah-buahan, kurangi makanan cepat saji, dan kurangi pula asupan garam. Yang terpenting, perbanyakΒ minum air dan istirahat yang cukup, ya!

Sekarang masih galaw lagi dengan gejala jelang datangnya “tamu tak diundang” ini? Semoga tidak yess! Sambutlah “tamu tak diundang” mu dengan bahagia, agar ia pun bahagia saat datang dan pergi darimu… πŸ˜Β πŸ’–

πŸ’œπŸ’šπŸ’›

#OneDayOnePost

#EstrilookCommunity

Iklan

32 tanggapan untuk “3 Fakta Penting Tentang PMS, Pria Wajib Baca, Guys!”

  1. Saya dulu gak pernah mengalami PMS atau ngambek2 kalau mau haid. Tapi sekarang, tiap beberapa hari sblm haid pasti ngamuk2 nggak jelas gitu. Suami akhirnya tau deh, dan gak ambil pusing juga. Kalau lg marah paling mau haid haha

  2. Saya biasanya beberapa hari mau haid tuh biasanya sering baper ga jelas. jadi saya suka wanti-wanti tuh sama paksu supaya jangan iseng karena saya bisa ambil hati hihi … πŸ˜›

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s