Sharing & Motivasi, Teknologi Informasi

Cara Memasang Banner di Blog WordPress Tanpa Ribet, Kamu Harus Tahu

Apa? Cara memasang banner di blog WordPress? Tulisan kali ini kelihatannya agak teknis, ya hehhee…

Yaps, ceritanya kemarin saya dan teman-teman di Estrilook Community dikasih logo komunitas blogger Estrilook agar dipasang di blog pribadi masing-masing.
.
Sebenarnya ini ibarat kata pepatah “pucuk dicinta ulam tiba”….
.
Tahu gak sih,Β  jauh hari sebelumnya, setiap membaca blog orang yang ada logo komunitas bloggernya saya selalu bertanya dalam hati,Β  “Gimana ya caranya masang banner komunitas blogger seperti ini?” πŸ˜‚ Alhamdulillahnya, mungkin ada malaikat yang dengar dan langsung mencatat pertanyaan itu. Maka ketika Estrilook bikin logo untuk komunitas bloggernya, doa saya seperti dikabulkan.
.
Eeiittss tapi tunggu dulu,Β the problem is, saya gaptekΒ abizzz. Gak punya laptop juga. Semua aktivitas menulis, baik menulis artikel, buku, maupun ngeblog, dilakukan selama ini hanya dari smartphone. Kebayang yaΒ rempongnya? πŸ˜† Makanya saya sudahΒ illfeelΒ aja mau ngutak ngatik blog dari hp. Tapiiii…. ternyata ada sesehati *tsaahh yang memaksa saya untuk bangkit lagi jadi seorang teknisi, seperti saat saya membuat blog ini 5 tahun yang lalu πŸ˜…
.
Ayooo searching dong di google cara pasang banner di blog WordPress…!! kata sesehati saya itu menyemangati.
.
Saya pun kemudian mencari info di google. Namun sayangnya, gagal paham 🀣 Mungkinnnnnn karena saya yang terlalu gaptek ya,Β DearsΒ πŸ˜‚
.
Akhirnya saya utak atik sendiri dari malam sampai subuh, berkali-kali sampai banner komunitas blog itu bisa terpasang. Setelah sukses, barulah saya bertanya kepada seorang sahabatΒ bloggerΒ yang sudah berpengalaman dengan tipikal blog jenis WordPress.Β Alhamdulillah, cara yang saya pakai semalam sama dengan cara yang teman saya ajarkan.
.
Lha, kalau gini kenapa gak tanya dia dari awal aja, ya? heheeehee… Ya, begitulah tipikal saya, kalau belum kepepet beneran gak bakalan mau nanya ke orang lain πŸ™ˆ
.
Cussss maaf cerita mulu ya, ampunnn dehh...
.
Langsung aja yuk masuk ke topiknya, bagaimana cara mudah memasang banner/logo pada blog WordPress yang kita miliki.
.
1. Setelah login ke blog WP carilah menu Dashboard —> Tampilan (lay out) —> Widget.
.
2. Klik menu Widget —> Galleri —> pilih menu Sidebar/Bilah sisi —> klik Tambahkan Widget
.
3. Upload banner/logo dari file kita —> pilih pengaturan galeri.
.
.
screenshot_20181028-224950.png
.
.
Pada pengaturan galeri ini kita bisa memilih besar kecilnya ukuran gambar. Kalau ingin penuh dan besar pilih “ukuran penuh“. Untuk jenis gambar, saya memilih tampilan ” lingkaran” agar sesuai dengan bentuk logo yang bulat. Setelah itu klik “Sisipkan Gambar“.
.
4. Cek pada halaman blog kita apakah banner tersebut telah terpasang dan sesuai dengan tata letak dan ukuran yang kita inginkan.
.
Voilaa.… bannernya telah terpasang dengan cantik 😍
.
.
Screenshot_20181028-120510
.
.
Mmmmm.… ternyata tidak terlalu sulit ya kalau sudah paham cara mudah memasang banner di blog WordPress. Masalahnya kemarin karena belum tahu caranya, jadi berasa kosong sama sekali isi kepala.
.

By the way busway… kalau kamu utak atik blognya pakai smartphone (bukan via lappy atau PC), ada baiknya pengaturan tampilan situs WP di hp disetting ke tampilan desktop, bukan settingan mobile. Dengan tampilan desktop ini akan lebih mudah menemukan aneka menu seperti kalau kita melakukan setting blog lewat laptop atau PC.

.
Oya, satu hal lagi, Dears.
.
Dari pengalaman ini saya jadi belajar, sesuatu yang berupa ilmu memang harus sering dipraktekkan, lalu ditularkan, bukan sekadar paham teori dan didiamkan saja. Hasilnya bakalan nihil, gak kepake dan pastinya mubadzir.
.
Sebaliknya, kalau kita bisa sebarkan dan ada yang terbantu, insya Allah pahala kebaikan juga akan mengalir kepada kita… Aamiin 😍 πŸ’•
.
“Ilmu yang kita miliki jika tidak pernah digunakan sama sekali, ibarat air dalam suatu wadah yang tidak mengalir, akan berbau dan berubah menjadi keruh…”
.
.
πŸ’œπŸ’›πŸ’š
Iklan

26 tanggapan untuk “Cara Memasang Banner di Blog WordPress Tanpa Ribet, Kamu Harus Tahu”

  1. Saya juga menulis dari hape mbaa
    Kadang suka kesel kalau pas typo mulu
    Xixixi
    Baca ini jadi pengin ngisi blog di wordpress
    Tengss mba

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s