Beauty & Fashion, Sosial

Tetap Stylish dan Syar’i, Perhatikan Do’s n Dont’s Ini Saat Mengikuti Tren Busana Muslim Kekinian

Tumbennn bahas fashion, euyy 😁

Yup, udah tahu kan ya, perkembangan dalam dunia fashion muslim beberapa tahun terakhir ini memunculkan banyak desain busana muslim yang trendi dan kekinian. Hal ini menyiratkan bahwa busana muslim ternyataaa Alhamdulillah, kian digemari oleh masyarakat kita, khususnya para wanita. Aneka model hijab, gamis, dan variasi motifnya menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi pemakainya.

.

images (3)
Image : eramuslim.com

.

Dikutip dari laman Hijab Yuk, pengertian hijab sebenarnya adalah penutup atau penghalang yang menutup sesuatu, sehingga tidak boleh dilihat orang lain. Penghalang itu bisa berupa tirai, tembok, atau pintu jika di rumah. Sedangkan jilbab merupakan bagian dari hijab. Jilbab adalah hijab yang menutupi tubuh.

Biar gak bingung, ringkasnya, jilbab adalah hijab (penutup) bagi wanita. Sedangkan hijab banyak ragamnya, termasuk salah satunya adalah jilbab.

Lalu bagaimanakah sebenarnya hijab (pakaian penutup) yang sesuai dengan syari’at dan tuntunan di dalam Al Qur’an? Berikut penulis kutip 3 diantaranya.
.
.
🍁 Menutupi Seluruh Tubuh

Allah telah menjelaskan secara detil di dalam QS. Al Ahzab 59 :

Hai Nabi, katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin: “Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka”. Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak di ganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang..”

Sesuai hadist Rasulullah Saw, aurat pada wanita muslim adalah seluruh tubuhnya, kecuali wajah dan telapak tangan. Adapun cadar adalah sunnah dan lebih baik jika memang ingin menggunakannya.
.
.
🍁 Tidak Memperlihatkan Bentuk Tubuh

Termasuk dalam poin ini adalah pakaian yang ketat, tipis, dan kerudung yang membentuk gulungan rambut di bagian belakang kepala seperti punuk unta.

.

images (17)
Image : ayoberjilbab.com

.

Asma binti Abu Bakar telah menemui Rasulullah dengan memakai pakaian yang tipis. Rasulullah bersabda,

Wahai Asma, sesungguhnya seorang gadis yang telah berhaid tidak boleh baginya menzahirkan (menampakkan) anggota badannya kecuali pergelangan tangan dan wajah saja…” (HR. Bukhari dan Muslim).

Dalam hadist lainnya Rasulullah Saw berkata,

Ada dua golongan penduduk neraka yang belum pernah aku lihat. Suatu kaum yang memiliki cemeti seperti ekor lembu untuk memecut manusia. dan para wanita yang berpakaian tetapi telanjang, Berlenggak lenggok, kepala mereka seperti bonggol unta yang bergoyang-goyang. Wanita yang seperti itu tidak akan masuk syurga dan tidak akan mencium baunya, padahal bau wangi surga dapat tercium keharumannya dalam jarak yang sangat panjang dan jauh..” (HR. Muslim)

.

🍁 Tidak Menyerupai Pakaian Laki-laki

Ibnu β€˜Abbas r.a berkata :

“Rasulullah Saw melaknat laki-laki yang menyerupai wanita dan wanita yang menyerupai laki-laki.” (HR. Al-Bukhari no. 5885, 6834)

.

images (5)
Image : picmog.com

.

Dalam masalah laki-laki menyerupai wanita ini, Al-Imam An-Nawawi rahimahullah mengatakan :

β€œAllah Subhanahu wa Ta’ala menciptakan laki-laki dan perempuan di mana masing-masingnya Dia berikan keistimewaan. Laki-laki berbeda dengan wanita dalam penciptaan, watak, kekuatan, agama dan selainnya. Wanita demikian pula berbeda dengan laki-laki. Siapa yang berusaha menjadikan laki-laki seperti wanita atau wanita seperti laki-laki, berarti ia telah menentang Allah dalam qudrah dan syariat-Nya, karena Allah Subhanahu wa Ta’ala memiliki hikmah dalam apa yang diciptakan dan disyariatkan-Nya…”

Semoga bermanfaat ya, Dears informasi diatas. Saya pun hingga saat ini masih terus belajar dan belajar lagi, jauhhh dari kata sempurna.

Yuk, kita sama-sama terus upgrade diri, dan jangan lupa untuk mohon kekuatan agar tetapΒ istiqomah di jalan-Nya. πŸ’•

πŸ’œπŸ’›πŸ’š

 

Iklan

25 tanggapan untuk “Tetap Stylish dan Syar’i, Perhatikan Do’s n Dont’s Ini Saat Mengikuti Tren Busana Muslim Kekinian”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s