Inspirasi, Kesehatan

Hadits Rasulullah Tentang Lalat Ini Akan Membuatmu Terkejut

Lalat…! Siapa sih yang nggak kenal binatang kecil satu ini?

Sumber : Tribunnews.com

Sedari kecil dahulu saya selalu ingat, hampir semua orang dewasa di sekitar saya, baik orang tua maupun guru sekolah, semuanya selalu mengingatkan agar menutup makanan dan minuman di meja agar tidak dihinggapi lalat.

Teman-teman yang membaca tulisan ini pun saya yakin, pasti merasa tidak nyaman dengan binatang kecil bersayap yang bernama lalat ini. Alih-alih memegangnya, ketika hewan insecta ini hinggap di tubuh kita, atau nemplok di makanan atau minuman, kita pasti langsung mengusirnya.

Tapi, pandangan dan pemikiran saya tentang lalat mulai berubah sejak sekitar 3 tahun lalu. Saat itu saya sedang mengantarkan ibu berobat ke klinik seorang Ustadz yang membuka pengobatan thibbun nabawi (pengobatan sunnah Nabi), yaitu dengan cara bekam dan ruqyah. Kalau nggak salah ingat namanya Ustadz Narotama.

Di ruang tunggu yang cukup nyaman, kami disediakan sebuah TV lumayan besar. Saya perhatikan, klinik pengobatan ini cukup modern karena berada di lokasi perumahan tempat tinggal sang Ustadz beserta keluarganya. Untuk pasien wanita, bekam dilakukan oleh istri beliau. Sedangkan proses ruqyah tetap dilakukan oleh Ustadz Narotama sendiri.

Setiap kali menunggu antrian pasien, di ruang tunggu selalu diputarkan video tentang hadits-hadits Nabi. Di situlah saya mulai banyak belajar berbagai hal tentang hadits, yang selama ini pemahaman saya amat sangat kurang sekali. (Bayangkan ya, sudah “amat sangat”, masih ditambah “kurang sekali”… Macam mana pula kurangnya ilmu saya kalau begitu #hikss).

Nah, salah satu hadits yang sangat berkesan buat saya adalah hadits tentang masalah ” Lalat” ini. Saya ingatttt terus sampai sekarang.

Jadi, kalau ada lalat masuk ke dalam gelas minuman, jangan buang air minumnya. Cukup lalatnya saja yang dibuang. Lha, terus airnya diapakan?? Ya diminum dongg… 😱

Whatt?? Nggak salahh??!! Pasti pada asem kann raut wajahnya baca ini? 😁

Yuk, baca lagi lanjutannya, ya…!

Imam Bukhari pernah meriwayatkan sebuah hadits dari Rasulullah Saw sebagai berikut,

“Apabila ada lalat yang menghinggapi tempat minum kalian maka celupkanlah seluruh bagian/tubuh lalat tersebut (terlebih dahulu), (baru) kemudian buanglah lalat tersebut. Karena sesungguhnya pada salah satu sayapnya mengandung obat dan pada sayap yang lain mengandung penyakit” (HR. Bukhari)

Boleh percaya boleh tidak, kualitas hadits tersebut dalam kitab Shahih al-Bukhari dan Shahih Muslim yaitu sahih (kuat), dan dalam kitab selain keduanya adalah hasan (baik). Jadi sebenarnya TIDAK ADA KERAGUAN lagi bahwa di dalam tubuh lalat yang selama ini kita anggap binatang kotor itu ternyata mengandung obat.

Saya kutip sedikit tulisan dari laman Islami.co, bahwa Dr. Reham Muhammed Atta dari Fakultas Kedokteran, Universitas Kairo telah melakukan penelitian dengan mengambil ekstrak sayap kanan lalat dan sayap kiri lalat. Kedua sayap ini diinkubasi dan dilihat di bawah mikroskop. Kesimpulan dari penelitian beliau adalah pada sayap kanan lalat tidak ditemukan mikroorganisme patogen (bakteri dan fungi), sedangkan pada sayap kiri lalat ditemukan bakteri dan fungi yang berkembang.

Terbukti kan, bahwa dalam salah satu sayap lalat terdapat obat atau penawar dari penyakit yang disebabkan oleh sayap satunya lagi. Para ulama terdahulu juga menjelaskan, hal ini sebenarnya dimaksudkan sebagai simbol agar kita senantiasa rendah hati dan tidak merasa takabur/sombong atas rasa jijik yang dirasakan apabila bersentuhan dengan lalat.

Masya Allah, sampai segitu detilnya, ya, agama Islam mengajarkan umatnya melalui perantaraan perkataan Rasulullah. Kalau sudah bicara tentang agama, apalagi berkaitan dengan Alquran dan Hadits, sudahlah, lupakan segala sesuatu yang bernama LOGIKA ☺ Ikuti saja petunjuk yang ada, insya Allah kita nggak bakalan tersesat, apalagi sampai merugi. Percaya saja, janji Allah itu PASTI 😍

Jadi gimana, masih enggan berdekatan dengan lalat? Yang penting kita sudah tahu adabnya, saat minuman dimasuki lalat, celupkan lalatnya, lalu tetap  minum airnya, karena ternyata terdapat obat pada salah satu sayapnya. πŸ’•

πŸ’œπŸ’›πŸ’š

Iklan

28 tanggapan untuk “Hadits Rasulullah Tentang Lalat Ini Akan Membuatmu Terkejut”

  1. Aku tahu sih soal sayap lalat ini. Untungnya bukan tipe yang jijian banget. Tapi kalau sama teman suka di katain jorok jika ada lalat udah hinggap dan mati di minuman lantas tidak diganti atau di buang minumannya.

  2. Saya ingat saat guru menulis saya minumannya kemasukan lalat
    Sama si guru justru si lalat dicelupin smua trus dikluarin
    Stelah itu minumnny lanjut d minum
    Si guru mnulis sy bilang sprti d postingan ini, hadits ttg lalat

    Kalau saya sendiri jujur aj masih rada gmn gitu mb klo mo praktekin wkk

  3. Iyes, pernah baca hadits tentang lalat yg sayap kanan kirinya berbeda ‘fungsi’. Luar biasa, ya. Sampe hal kecil spt itu jadi perkataan Rasulullah. Salah satu hikmahnya pasti agar tidak mubazir membuang air yg udah dimasukkan lalat. Kalo udah terlanjur…
    Sebelumnya, lebih baik kita cegah pastinya ya, Bun. Tutup semua wadah agar si lalat ga bisa hinggap πŸ™‚

  4. Masya Allah, banyak sekali hal-hal yang telah disebutkan dalam Al Quran dan hadits namun baru sekarang kita ketahui hikmahnya. Alhamdulillah, semakin bangga menjadi seorang muslim

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s