Semua tulisan dari Hastin Pratiwi

Hi,.. I'm just an ordinary and simple woman, a mother of (still) 1 child and Alhamdulillah, being a work-at-home mom.. ☺ I love reading, learning new things and writing... 💜

4 Destinasi Bulan Madu “yang Tertunda” di Yogyakarta, Kamu Wajib Baca!

Halo, Dears
.
Kalau di tulisan sebelumnya saya tulis sedikit tentang tema Ta’aruf, di curhatan kali ini kita ngalor ngidul dikit, yuk, tentang hanimun yang dilakukan pasca ijab qabul 😄… Aishhh, apaan, sikkk?
.
Mungkinnnn ada yang berpikir bahwa untuk honey moon harus menyediakan anggaran yang lumayan besar. Jadi beberapa pasangan lebih suka menunda hal ini, karena saat pernikahan mereka telah mengeluarkan biaya yang tidak sedikit untuk mengadakannya.
.
Ternyata faktanya tidak selalu demikian lho…
.
Ada beberapa daerah tujuan wisata yang dapat kamu masukan ke dalam daftar tujuan honey moon-mu, dengan biaya perjalanan yang tidak terlalu besar dan terbilang murah. Salah satunya adalah merencakan tujuan bulan madu ke kota budaya Yogyakarta.
.
Coba deh baca curhatan saya di bawah ini ya…
.
Hari minggu tanggal 14 Oktober 2018 kemarin saya dan teman-teman merencanakan penjelajahan ke 4 lokasi wisata di Yogyakarta. Untuk kamu yang hobi berfoto ria pasti sudah paham jika saat ini banyak lokasi di provinsi DIY yang sengaja dibuat untuk spot foto menarik, dengan biaya masuk ke lokasi yang relatif murah meriah. Mulai dari hutan pinus, pantai, sawah, sampai ke wisata jurang yang cukup instagramable spot-spotnya.
.
Karena bawa anak-anak dan takut lelah di perjalanan jika harus nyetir sendiri, teman saya mengusulkan untuk menyewa paket wisata ke beberapa tempat sekaligus dalam sehari. Untunglah ada seorang teman yang buka bisnis persewaan transportasi. Cukup dengan harga 500ribu untuk sewa mobil selama 12 jam (sudah termasuk supir & BBM), kami sudah dapat menjelajahi 4 tempat wisata, plus boleh merubah dadakan tujuan wisata yang diinginkan selama dalam perjalanan. Maklummm, supirnya kan teman sendiri, hehheee…
.
Yuk, kita ulas satu demi satu, ya, tempat yang kemarin saya datangi.
.
.
1. Hutan Pinus Pengger
.
Awalnya saya kira wisata hutan pinus yang terkenal di Yogya hanyalah hutan pinus Becici. Ternyata ada pula beberapa lokasi wisata hutan pinus yang tidak kalah menariknya dari segi tersedianya berbagai spot foto, salah satunya adalah hutan pinus Pengger, yang masih masuk area kabupaten Bantul.
.
.
IMG-20181015-WA0034
Naik… naik… ke puncak gunung…
.
IMG-20181015-WA0033
Siapa bilang partai emak rempong gak hobi travelling? wkwkwkwk… 😂 Eyangnya Lubna aja ikutan tuhh yang paling belakang 😘
.
.
Dengan tarif masuk ke lokasi yang cukup murah, hanya 2.500 rupiah per orang,  kamu sudah boleh bebas berekspresi dan berlari-lari sesukamu di area ini. Apalagi dengan mengajak serta anak-anak, lengkap sudah kehebohan mereka menemanimu menikmati hutan ini.
.
Salah satu ciri khas hutan pinus Pengger adalah adanya spot foto menggunakan ayunan di pohon pinus yang dapat kamu sewa 10.000, – per ayunan per orang. Foto menggunakan ayunan ini bikin geli, terutama untuk anak-anak. Awalnya mereka antusias pengen foto di ayunan secara bertingkat. Ternyata setelah sampai di atas ayunan teriak-teriak minta turun qiqiqiiii…. hebohhh pokoknya… 😅
.
IMG-20181015-WA0024
Baru duduk 2 menit, Lubna udah teriak-teriak minta turun. Ini dipaksa ibunya suruh senyum karena difoto 😅
.
.
Oya, jika sudah bosan di hutan pinus Pengger, kamu dapat bergeser sedikit ke beberapa hutan pinus lain di sekitar hutan Pengger yang juga memiliki ciri khas spot masing-masing, termasuk hutan pinus Becici juga ada di sekitar lokasi itu.
.
.
2. Jurang Tembelen
.
Lokasi ini cukup sering saya baca di sosial media, dengan berbagai spot yang cukup menegangkan karena berada di pinggir area jurang. Jaraknya tidak terlalu jauh dari hutan pinus.
.
Selain menawarkan spot foto yang mengasah adrenalin, lokasi ini juga dilengkapi dengan taman cinta yang dilengkapi tulisan-tulisan lucu untuk background foto, seperti : kapan nikah?, jodohku otw, dll.
.
Untuk saran kedatangan sebaiknya jangan di siang hari ya, karena lokasi ini cukup jarang ada pepohonan. Lebih baik pilih saat pagi atau sore hari agar waktu berfotomu menjadi lebih menyenangkan.
.
Siap menguji adrenalin di jurang ini? Kuyy… majuuu jalannnn…
.
IMG-20181015-WA0008
Ini ceritanya di atas perahu. Di bawah perahu itu ada jurang. Makanya gak berani gerak..
.
.
IMG-20181014-WA0032~01
Sepanjang mata memandang selalu ditemani oleh jurang.
.
3. Pantai Ngobaran
.
Selesai eksplor wisata alam di kabupaten Bantul, naiklah kami ke kabupaten Gunung Kidul yang kaya akan lokasi pantainya. Sambil berdiskusi di jalan, kami sepakat meneruskan petualangan ke pantai Ngobaran yang memiliki ciri khas pantai bertebing dan dijuluki “Tanah Lot-nya Jogja”.
.
Widihhhh…. kuper ini, saya baru tahu lho kalau ternyata ada kembaran Tanah Lot juga di Yogya.
.
Kenapa dibilang mirip Tanah Lot? Karena pantai Ngobaran memiliki tebing menjorok ke laut mirip Tanah Lot di Bali, dan terdapat pula area sembahyang umat Hindu berupa pura di lokasi pantai.
.
Lumayan asyik sih, suasananya jadi mirip di Bali. Diiringi suara gelegar dari deburan ombak yang kencang di tebing pantai, kamu dapat mulai mengeksplore pantai ini dengan berjalan-jalan di sekitar area pantai, selfie di beberapa spot foto yang disediakan, membeli oleh-oleh suvenir atau aneka ikan, udang dan hewan laut lainnya, asalkan jangan berenang di lautan. Disini juga tersedia jasa fotografer & cetak foto yang cukup murah. Hanya dengan 10.000 rupiah kamu sudah mendapatkan pelayanan foto diri dan cetak foto dengan hasil yang memuaskan.
.
.
IMG-20181014-WA0013
Tebing di belakang yang menjorok ke laut itu yang membuat pantai ini dijuluki “Tanah Lot-nya Jogja”
.

 

IMG-20181015-WA0054
Gapura dan patung di pantai Ngobaran ini membawa ingatan kita akan pulau Bali..

 

.
.
4. Pantai Sadranan
.
Pantai Sadranan juga terletak di Gunung Kidul, membutuhkan waktu kurang lebih 30 menit dari arah pantai Ngobaran. Jika kamu hobi snorkeling dan mencari aneka biota laut, datanglah ke pantai Sadranan yang dilengkapi dengan fasilitas persewaan alat-alat snorkeling.
.
Ombak di bagian pinggir pantai ini cukup landai dan tenang, mirip aliran sungai. Deburan ombak yang cukup keras mulai terasa beberapa meter dari pinggir pantai, di bagian tengah. Pantai Sadranan cukup aman untuk anak-anak bermain dan menangkap ikan di bagian pinggir pantai, asalkan tetap dalam pengawasan orang dewasa.
.
IMG-20181015-WA0010
Menangkap.ikan, kepiting, dan bermain pasir…
.
.
Alhamdulillah…. perjalanan hari itu serasa bulan madu yang tertunda bagi saya #uhhukkkkk 😂 Tapi gak perlu nunggu hanimun juga kalii kalau mau ke Yogya 😁
.
Bagi saya, perjalanan menikmati alam bukan sekadar untuk berfoto, karena jujur, saya pemalu dan gak fotogenik 🙄 Banyak hikmah yang dapat kita rasakan dari sebuah perjalanan. Pikiran dan mata lebih fresh, hati juga lebih bersyukur, karena melihat betapa indah dan dahsyat alam yang telah Dia ciptakan.
.
Belajar dari alam dan selalu melihat tanda-tanda dari alam, itu hal yang sangat penting buat saya. Jika kamu terus mengasah kepekaan diri untuk selalu bersinergi dengan alam, maka hatimu pun akan menjadi lebih tenang, damai, dan selalu dipenuhi dengan kalimat-kalimat tasbih… 💖
.
💜💛💚
.
#OneDayOnePost
#EstrilookCommunity
Iklan

Ta’aruf, Sosial Media, dan Kejujuran

Ta’aruf
.
Hemmmm…. istilah itu akhir-akhir ini sering berseliweran dimana-mana. Menjadi topik curhatan hati para single lillah, alias single fisabilillah (orang yang sedang berjuang di jalan Allah dalam kesendiriannya) yang belum Allah izinkan bertemu dengan jodoh terbaiknya.
.
.
20181013_231205_0001
Foto : canva.com
.
Saya pun yang tadinya sangat awam dengan istilah tersebut (maklummm, ilmu agama masih sangat cethek alias gak ada apa-apanya), mulai memaksa diri untuk belajar dan paham apa makna istilah itu.
.
Bukannya tidak pernah mendengar sama sekali sebenarnya. Dulu zaman masih gadis tahu sih apa itu ta’aruf. Tapi ya sebatas tahu aja. Sama sekali gak paham bagaimana proses ta’aruf yang sebenarnya, yang sesuai dengan syariat, yang sesuai dengan manhaj salaf alias kaidah-kaidah terdahulu yang dilakukan Rasulullah Saw dan para pengikut beliau.
.
Sekarang baru paham, bahwa ta’aruf secara syari itu benar-benar harus melibatkan orang ketiga. Tidak boleh berkhalwat (bercanda/bergurau) hanya berdua saja. Walaupun di zaman now istilah ta’aruf ini juga mulai banyak diplesetkan oleh mereka, adik-adik kita yang masih muda dan bergejolak. Menggunakan istilah tersebut, tapi dengan gaya mereka sendiri, yang bikin kita sering geleng-geleng kepala.
.
Nah, kembali lagi ke masalah istilah di paragraf pertama.
.
Jadi Masya Allah, sebenarnya agama Islam telah sangat ketat sekali memberikan batasan-batasan tata cara pergaulan yang baik antara ikhwan dan akhwat (pria dan wanita). Semua lengkap ada aturannya. Kamu yang masih single dan belum punya pasangan saja dilarang untuk berdua-duaan dengan lawan jenis yang bukan mahrommu. Apalagi kamu yang telah berkeluarga dan memiliki pasangan, tentunya larangannya lebih ketat lagi.
.
Parahnya, saat ini dunia maya memungkinkan semua orang dari berbagai belahan dunia, dengan berbagai karakter dan budaya, terhubung menjadi satu. Sosial media bak dua sisi mata uang bagi kita. Banyak positifnya, dan banyak pula negatifnya.
.
Berbisnis dan menghasilkan uang, menjalin pertemanan, bertemu dengan teman-teman lama, ajang belajar dan menambah ilmu secara online, adalah sederet hasil positif dari adanya sosial media.
.
Negatifnya? Banyak juga hehhee..
.
Ajang selfie, promosi diri secara fisik (maaf ya ☺), ajang debat dan adu opini, bahkan bisa saja menjadi sarana berseminya cinta yang baru, maupun kembalinya cinta lama, adalah keuntungan sosial media dari kaca mata negatif.
.
Lalu, bagaimana sebaiknya? Tidak perlu bersosmed ria kah apabila telah memiliki pasangan? Hemmm… terlalu naif juga ya sepertinya.
.
Saya yakin, setiap keluarga dan pasangan pasti memiliki kebijakan masing-masing. Ada baiknya saling berdiskusi bagaimana sebaiknya.
.
Apalagi jika kamu adalah seorang pria. Godaan di sosmed semakin banyak. Wanita cantik dengan kulit wajah yang halus mulus selalu hadir setiap waktu dan tiap detik di timeline kamu. Yakinnn, kamu kuat melihatnya? ☺ Nahhh.. itulah kenapa ada pesan begini “jagalah selalu hati dan pandanganmu”,  karena godaan syaithan memang selalu berawal dari ” pandangan”.
.
Seorang ibu teman anak saya pernah curhat, dia sengaja tidak punya akun Facebook untuk menghindari berbagai godaan. Dan saya pun mengakui hal tersebut.
.
Sebagai pengguna Facebook sejak tahun 2009 untuk kepentingan berbisnis, bukan 1-2 kali godaan muncul lewat inboks dan telepon. Sering malah. Awalnya pasti takut dan kesal. Tapi seiring berjalannya waktu, telah terbentuk pola dan cara menghadapinya. Jika sudah keterlaluan biasanya saya blokir saja. Jika tidak ingin ambil resiko dapat inboks dari pria tak dikenal, bertemanlah hanya dengan para wanita. Itu pun harus hati-hati juga, karena banyak akun yang foto serta namanya wanita, tapi kenyataannya adalah seorang pria.
.
Satu hal penting, menurut saya, untuk meminimalisir godaan dalam kualitas hubungan dengan pasangan di zaman now adalah mutlak adanya KEJUJURAN.
Yesss, jujur pada pasangan bahwa dirimu telah digoda pria lain misalnya. Atau engkau para pria, pernah mengalami dikejar-kejar wanita lain.
.
Mungkinnn… awal kejujuran memang sangat tidak nyaman. Bisa jadi ribut sejenak karena adanya rasa cemburu. Tapi kejujuran sangat efektif untuk mengalihkan dan menyadarkan dirimu, bahwa kamu masih memiliki pasangan sah di rumah. Bahwa kamu masih punya anak-anak yang mengidolakan karakter dan perilakumu sebagai orang tua. Jika orang tua sering tidak jujur, jangan heran bila si kecil pun piawai ngeles dan merangkai kata-kata.
.
Dahsyatnya nilai kejujuran, menurut saya, dapat melawan jahatnya godaan syaithan dari lingkungan di sekeliling kita. Karena yakin aja, syaithan juga memiliki tingkatan ilmu yang disesuaikan dengan kekuatan iman manusia. Semakin tinggi iman kita, syaithan penggodanya juga sudah berada di level 10, memiliki cara yang sangat halus untuk menjerumuskan manusia.
.
Hemmm…. tulisan campur aduk ini sebagai pengingat juga buat saya, seorang ibu dengan anak perempuan yang beberapa tahun lagi mulai memasuki masa puber. Harus mulai menyiapkan diri kita sebagai orang tua, disamping persiapkan pula anak kita, karena godaan syaithan saat ini ada dimana-mana, bukan hanya di dalam hati dan pikiran, bahkan ada di dalam gadgetmu… ❤
.
.
💜💛💚
.
#OneDayOnePost
#EstrilookCommunity

Review Training Blog Untuk Pemula di Estrilook Community

Haii… ketemu lagi kita, Guys ‘n Dears 😁
(bahasanya muda bangett…)
.
Saya mau cerita dikit ya tentang training blog yang saya ikuti 3 hari terakhir ini.
.
Jadi nih, antara tanggal 5 – 7 Oktober 2018 Estrilook Community yang merupakan komunitas para kontributor (penulis artikel) di platform Estrilook.com mengadakan pelatihan step by step cara membuat blog di platform Blogspot bagi pemula. Pelatihan ini diadakan free dannnn peminatnya banyakk yaa ternyata…
*ya iyalahhhh…. gratis gitu loh 😂
.
.
FB_IMG_1538837664894
.
.
Hebatnya, meskipun gratis, training blog ini gak cuma sekedarnya aja. Kita bebas bertanya dan diskusi dari mulai tahap awal banget isi data, pilih tema, pilih nama, sampai ke masalah teknis yang maaf ya, saya cukup pusing kalau sudah ngomongin masalah teknis ini wkwkwkwk…
.
Jadi ingat beberapa tahun yang lalu bikin blog WordPress ini bener-bener butuh perjuangan. Saya rela menghabiskan waktu lebih dari 4 jam karena terlalu kepo mengutak-atiknya sendiri, dan sekarang sudah lupa semua ilmunya, wahai sodara-sodara 🤦Besok deh saya janji mau belajar WordPress lagi.
.
By the way, untuk kamu yang belum punya blog dan tertarik bikin, secara umum ada 2 platform blog yang bisa kamu gunakan, yaitu :
.
1. Blogger.com
2. WordPress.com
.
Kalau kamu ingin bentuk blog yang sederhana dan lebih mudah, bisa gunakan Blogspot. Tapi kalau tertantang mencoba yang lebih apik tampilannya, kamu bisa mencoba WordPress seperti punya saya ini.
.
.
20181009_001750_0001
.
.
Di training kemarin kita belajar bikin pakai Blogspot dulu yang mudah. Trainernya sabarrr banget ngajarinnya, padahal dia masih unyu-unyu, sedangkan muridnya mayoritas dari partai emak-emak hehheheee… Alhamdulillah saking sabarnya, semua peserta bilang dia baik dan cantik, secantik blognya ini, Steffi Budi Fauziah. Klik aja linknya ya biar dia tambah happy 😄
.
Mungkin diantara kamu yang belum punya blog akan berpikir, buat apa sih bikin blog? Memang ada manfaatnya selain buat nulis?
.
Nah, sama.. Saya dulu mikirnya juga gitu.
Ternyata, seiring berjalannya waktu, manfaat blog semakin berkembang.
.
Bukan cuma sekedar buat nulis curhatan, tapi bisa juga untuk memberikan sebentuk informasi dan komunikasi buat teman-teman dan followermu.
Bahkan saat ini, blog juga bisa dikomersilkan alias dimonetisasi untuk menghasilkan pundi-pundi rupiah lewat kerjasama dalam bentuk content placement alias pemasangan iklan dari pihak lain.
.
Gimana, masih bingung mau bikin blog atau enggak? ☺
Terserah kamu sih ya, tapi kalau kamu gak hobi nulis, tapi hobi jualan, atau ingin jadi pengusaha/profesional di bidang tertentu, sebaiknya kamu memang harus membuat blog atau website yang berisi profil diri atau usahamu.
.
“Tapi aku kan gak hobi nulis, mbak? Nanti blognya gak ada isinya dong?”
.
Ahh, sekarang mah gampang. Tinggal cari jasa ghostwriter, alias penulis belakang layar macam saya gini (jiahhh…. malah promosi…. maaffkeunnnn 🤣)
.
Intinya, blog saat ini sangat penting, apalagi untuk kamu yang ingin serius bekerja di dunia maya. Jadi jangan sia-siakan kalau ada kesempatan untuk ikut training blog, baik berbayar, apalagi gratisan macam begini.
.
Akhir kata, terima kasih ya, Estrilook!
Meskipun bukan pertama kalinya buat saya, tapi training ini sungguh bermanfaat untuk lebih memperdalam lagi ilmu teknis tentang blogging..
.
Besok adain lagi yesss… 😍💖
.
.
#ReviewTrainingBlog
#EstrilookCommunity

Malioboro, Jalan Kenangan yang Tak Terlupakan

 


 

940c626ae2dbad5f93197a71611485c3
Foto : malioboro_insta
Kalau ditanya obyek wisata apa yang menjadi ikon kota Yogyakarta, pasti sudah tahu kan ya bahwa jawabannya adalah jalan Malioboro? ☺
 
Yup, siapapun yang datang ke kota pelajar ini belum afdol kalau belum foto atau menginjakkan kaki di jalan penuh kenangan ini. Kenapa disebut sebagai jalan kenangan? Hemmmm… tidak lain dan tidak bukan karena jalan Malioboro adalah jalan bersejarah yang sudah ada sejak tahun 1750-an. 
 
Untuk kamu ketahui,  jalan Malioboro diambil dari nama sebuah jalan dalam kitab Ramayana, yaitu ‘Malyabhara” yang artinya jalan yang mengenakan bunga (jalan istimewa). Nah, karena pengaruh ucapan aksara Jawa A dibaca O, maka jadilah sebutannya adalah jalan Malioboro.
 
Di sepanjang jalan kenangan ini kamu tidak hanya bisa berbelanja atau berjalan-jalan sepuasnya. Ada beberapa obyek bersejarah masa lalu yang menunggu untuk kamu datangi, seperti Pasar Beringharjo, Benteng Vredeburg, Gedung Agung, dan Monumen Serangan Oemoem 1 Maret. Agak selatan sedikit kamu dapat melihat dari dekat wilayah Kraton Yogyakarta di komplek Alun-alun Selatan (Alun-alun Kidul). Sementara di bagian utara terdapat Stasiun Kereta Api Tugu dan tidak lupa berdiri tegak di tengah perempatan lampu merah adalah Tugu Yogyakarta.
.
497e873466a17cb2246106e83689a0be
Foto : malioboro_insta
.
.
Menurut legenda dan kepercayaan masyarakat Yogya, antara Gunung Merapi, Tugu Yogya, Kraton, dan Pantai Parangtritis terdapat satu garis imajiner lurus yang menghubungkan tempat tersebut. Entah apa maksudnya, tapi legenda ini tetap menjadi misteri hingga saat ini, bahwa penguasa di Gunung Merapi memiliki hubungan erat dengan penguasa di Pantai Parangtritis.
.
Oke, kita tinggalkan yang berbau mistis yak. Lanjut fokus ke hal apa saja sih yang harus kamu perhatikan saat berkunjung ke Malioboro :
.
.
Selasa Wage
.
Dikutip dari situs Pikniekdotcom, setiap hari Selasa Wage adalah hari bersih-bersih bagi warga Malioboro. Jadi jangan heran apabila pada hari itu tidak terdapat pedagang yang berjualan, alias libur selama 24 jam.
.
.
Pegang Erat Tasmu
.
c414e9f4011c275dc8846c8db4fddd97
Foto : malioboro_insta
.
.
Bukan rahasia lagi jika di Malioboro banyak tangan-tangan jahil yang mencari kesempatan dalam kesempitan merogoh tas dan mengambil dompetmu. Selalu dekap erat barang bawaanmu dan taruh dibagian depan.
.
.
Tawar Barang 30% dari Harga Jual
.
Ingin dapat harga murah di Malioboro? Jangan malas menawar dan membandingkan harga dari satu penjual ke penjual lainnya yess! Lakukan penawaran dengan kalimat yang sopan sampai 30% dari harga yang ditawarkan penjual. Kalau belum boleh, tak ada salahnya kamu pergi dahulu ke penjual lainnya sekalian survei harga lain.
.
.
Lapar? Cari Lesehan yang Ramai dan Ada Daftar Menu dan Daftar Harganya
.
Semakin malam jalan Malioboro semakin ramai dan dipenuhi oleh para penjual makanan lesehan. Aneka lesehan gudeg, bebakaran, sea food, menanti untuk kamu santap dan nikmati. Tapi eitsss… tunggu dulu. Jangan terburu nafsu. Cari tempat lesehan yang banyak pengunjungnya dan jelas daftar harganya. Bukan rahasia lagi jika di beberapa tempat makan ada yang mematok harga tidak wajar, terutama untuk wisatawan dari luar Yogya.
.
.
Foto di Depan Tulisan “Malioboro”
.
2d493b910f3e49da673d668a62f9718e
Foto : malioboro_insta
.
.

Saat ini, kawasan jalan Malioboro mulai berbenah diri dan tampak lebih tertib dan bersih dari sebelumnya. Sepanjang trotoar yang dulu dipenuhi pedagang kaki lima dan dijadikan area parkir mulai dibangun taman-taman dan diberi kursi santai untuk tempat duduk-duduk mereka yang kelelahan, atau sekedar ingin berfoto selfie. Nah, bicara tentang foto, jangan lupa ya untuk selfir di depan plang tulisan “Malioboro” yang sangat ikonik itu. Plang berwarna hijau itu adalah pertanda bahwa kamu sudah berhasil menginjakkan kaki di jalan legendaris ini.

.

Okee… gimana? Kangen pengen ke Yogya lagi? Hayolahhh, siapa takuttt??!!

Yogya adalah kota ramah, murah meriah, dan penuh santun yang dijamin akan selalu ada di hatimu dan membawa kenangan indah saat kamu kembali ke daerah asalmu lagi… ☺❤

Sungguh, Tanda-tanda Kiamat Ini Akan Membuat Relung Hatimu Bergetar

20180929_133925_0001
Gambar : pribadi

 

“…Tahukah kamu apakah hari Al Qaari’ah (hari kiamat) itu? Pada hari itu manusia adalah seperti anai-anai yang bertebaran. Dan gunung-gunung seperti bulu yang dihambur-hamburkan…” (QS. Al Qaari’ah : 3-5)

 

Untukmu yang menyadari akan besarnya kekuasaan Allah, kutipan ayat di atas sejenak akan membuat nurani kita merasa bergetar. Ayat di atas menceritakan tentang dahsyatnya hari kiamat, di mana manusia bak anai-anai (binatang kecil serupa laron) yang bertebaran.

Tak perlu menunggu terjadinya kiamat, pemandangan menyedihkan dan menusuk relung hati terdalam baru saja terjadi beberapa hari lalu dalam musibah gempa dan tsunami 7, 7 Skala Richter di wilayah Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah.

Belasan video viral beredar, penuh dengan teriakan, jeritan histeris, dan tangisan. Hanya dalam 2 hari jumlah korban terus bertambah menjadi hampir ribuan orang. Listrik mati, bahan bakar langka, masyarakat kekurangan bahan makanan, dan tempat tinggal pun harus berubah menjadi di bawah naungan terpal dan tenda.

 

images (11)
Gambar : idntimes.com

 

Disadari atau tidak, gempa bertubi-tubi yang melanda negeri ini, adalah salah satu tanda-tanda kiamat kecil yang mulai terlihat.

Munculnya banyak fitnah, pembunuhan, perjudian, perzinahan, dan bangganya orang melakukan perbuatan tercela menjadi tanda yang menyedihkan. Sehingga, orang yang berpegang teguh pada agamanya di masa kini bagaikan orang yang menggenggam bara api. Panas dan menyakitkan.

Sudahkah kita mempersiapkan diri menyambutnya? Minimal dengan mulai bercermin, melihat siapakah diri kita.

Sudah benar-benar luruskah kita di jalan-Nya? Sudah malukah kita kepada-Nya karena belum pantas menjadi umat terbaik-Nya?

 

Gambar : kajianislam.com

Masih ada waktu untuk membenahi diri, sebelum waktu setahun berasa seperti satu jam. Dan sebelum waktu berubah semakin cepat dan singkat sebagai akibat tanda-tanda dekatnya hari pembalasan.

Sebelum matahari terbit dari barat dan terbenam di timur. Sebelum Dajjal muncul di bumi, dan turunnya Nabi Isa menyelamatkan manusia dari ancaman Dajjal… ❤

3 Fakta Menyedihkan Tentang Kondisi Palestina Saat Ini

images (16)
Sumber : mencarimisteri.com
Konflik antara Israel dengan Palestina sebenarnya bukanlah hal baru. Ditinjau dari sejarahnya, hal ini telah berlangsung sejak awal abad ke-20.
.
Konflik mulai muncul ketika gagasan pendirian tanah air (homeland) Yahudi muncul di kalangan tokoh Zionis. Tokoh paling berpengaruh dalam Zionisme selama abad ke-19 adalah Theodor Herzl (1860-1904). Menurut Herzl, satu-satunya cara untuk menyelesaikan masalah Yahudi di Eropa adalah dengan menciptakan “homeland” bagi para Yahudi.
.
Organisasi PBB tentang Perdagangan dan Pembangunan (UNCTAD) mendapat fakta baru bahwa blokade 10 tahun oleh Israel terhadap jalur Gaza, membuat penduduk Palestina sulit membangun ekonomi mereka.
.
Dikutip dari laman VOA Indonesia, PBB mengingatkan, wilayah Jalur Gaza di Palestina bisa jadi tidak tidak layak dihuni manusia tahun 2020 jika keadaan sekarang tidak diatasi.
.
Berikut 3 fakta terkini tentang kondisi Palestina, Dears :
.
.
1. Negara dengan angka pengangguran tertinggi di dunia
.
Laporan menyebutkan bahwa pengangguran di wilayah Palestina mencapai 27% atau tetinggi di dunia. Yang paling terdampak adalah kelompok perempuan dan anak muda.
.
.
2. Sektor pertanian menurun
.
Pertanian merupakan sektor yang paling terpukul oleh situasi ekonomi di Palestina. Larangan perjalanan yang diberlakukan Israel nyaris meluluhlantakkan harapan akan pertumbuhan di Gaza dan Tepi Barat.
.
.
3. Krisis tenaga listrik dan air
.
Tahukah kamu, Dears, bahwa setiap rumah tangga di Palestina mendapat aliran listrik hanya dua jam per hari. Dan hanya 10 persen penduduk yang punya akses air bersih yang cukup. Sungguh memprihatinkan dan menggugah kepekaan nurani kita sebagai sesama muslim.
.
.
Hanyalah doa yang dapat kami panjatkan agar Allah Swt selalu melindungi kalian, saudara-saudara kami disana. Allah pasti memiliki rencana yang lebih indah dan.tak terjangkau oleh kita.
.
.
💜💛💚
.
#TantanganMenulisEstrilook
#EstrilookCommunity
#KondisiTerkiniPalestina

Film Aruna dan Lidahnya, Perpaduan Ciamik Antara Rangga dan Cinta, Wisata Kuliner, dan Pro Kontra Persahabatan

Hai Dears,

Masih ingat film remaja yang booming di tahun 2000-an dan menjadi tonggak sejarah bangkitnya film Indonesia dengan tokohnya, Rangga dan Cinta? Yup, AAdC alias Ada Apa dengan Cinta jawabannya.

Buat kamu yang belum bisa move on dari akting Dian Sastrowardoyo bersama Nicholas Saputra dulu, kamu punya kesempatan kembali menikmati perpaduan akting mereka berdua meski dengan karakter yang sedikit agak berbeda dalam film baru Aruna dan Lidahnya.

 

images (15)
Sumber : jadwalnonton.com

 

Penasaran dengan filmnya? Berikut 3 fakta menarik tentang film Aruna dan Lidahnya :
.
.
🌮 Kental dengan aroma perjalanan kuliner dan isu-isu sosial

Film Aruna dan Lidahnya ini diadaptasi dari novel karya Laksmi Pamuntjak (2014). Berkisah tentang petualangan seorang perempuan berusia 30-an tahun dalam perjalanannya menyelidiki kasus flu burung di berbagai wilayah Nusantara. Aruna adalah seorang konsultan ahli wabah yang melakukan perjalanan keliling di beberapa daerah di Indonesia, sekaligus menjadi semacam wisata kuliner bagi Aruna yang ingin menjaga berat badan tapi nyatanya tak dapat menahan nafsu makannya.

Selain Aruna hadir pula sosok Farish, Nad, dan Bono, yang akan sama-sama melakukan perjalanan sambil mencicipi makanan nusantara dan berbagi cerita tentang kuliner, persahabatan, asmara, hingga isu terkini yang sedang hangat di Indonesia.
.

.
🍰 Tayang pada 27 September mendatang

Dalam film yang direncanakan tayang mulai akhir September ini aktris cantik Dian Sastrowardoyo akan berperan sebagai Aruna, seorang ahli wabah penyakit yang memiliki hubungan erat dengan makanan. Sementara Nicholas Saputra akan berperan sebagai Bono, seorang koki sekaligus sahabat Aruna yang juga suka mencari kuliner baru untuk inspirasinya. Selain Dian dan Nicholas, film ini juga akan dibintangi oleh Oka Antara yang berperan sebagai Farish, mantan teman kantor Aruna yang biasa-biasa saja terhadap makanan. Hannah Al-Rasyid juga turut meramaikan dengan berperan sebagai Nad, kritikus kuliner yang memiliki opini kuat dan tajam.
.

.
🛎 Disutradarai oleh sutradara film Posesif yang tahun lalu meraih Piala Citra sebagai Sutradara Terbaik

Dears, film ini disutradarai oleh Edwin, seorang sutradara yang sudah berkecimpung di dunia film lebih dari 15 tahun lamanya. Awalnya, Edwin fokus memproduksi film-film indie. Namanya tercatat sebagai salah satu sutradara Indonesia yang berprestasi di berbagai festival film dunia.

Tahun lalu Edwin bahkan berhasil mendapatkan Piala Citra sebagai Sutradara Terbaik dalam film komersil pertamanya “Posesif”.

Gimana, Dears, tertarik menonton film ini? Buat kamu yang hobi makan dan kangen dengan akting Rangga dan Cinta tak ada salahnya mengobati kerinduanmu melalui film bergenre drama komedi ini.

Selamat menonton ya, Dears!

💜💛💚

#TantanganMenulisEstrilook
#EstrilookCommunity
#ReviewFilmBaru